Skip to main content

Pengalaman Saya - Suka Duka Jadi Customer Service Leader di Mall

Menjadi customer service bisa jadi merupakan pekerjaan yang tidak terlalu berat. Hanya saja, perlu tingkat kesabaran yang tinggi dan senyuman yang tidak ada habisnya. Saya menjalani bidang pekerjaan tersebut selama 1 tahun 10 bulan.

Lagi presentasi survey
Awal bekerja, jabatan saya adalah senior concierge. Kenapa senior? Hanya karena saya S2 hahaha Itu hanya sebuah nama jabatan. Saya memakai seragam seperti customer service officer lainnya, belum seragam leader. Saya masih dalam masa percobaan selama 3 bulan. 

Di mall tersebut, divisi customer service berada dibawah departemen Marketing. Di divisi customer service, terdapat 4 bagian yaitu concierge, CS loyalty, attendant dan resepsionis. Berikut detail pekerjaan:

1. Concierge : Standby di area concierge untuk penambahan poin member mall, informasi tenant atau toko di mall, Car Call (pemanggilan supir mobil yang parkir di basement), dan peminjaman stroller dan kursi roda.
2. CS Loyalty : Perbantuan divisi Loyalty yang adalah program member Mall. Tugasnya adalah menjalankan program-program member mall seperti redeem poin.
3. Attendant : Mereka adalah semuanya laki-laki dan bertugas menjaga musholla dan masjid untuk penitian alas kaki dan barang, membuka tutup pintu lobi mall dan membuka tutup pintu mobil. Bisa menjadi tempat informasi toko dan tenant serta Car Call.
4. Resepsionis : Resepsionis hanya berjaga di kantor mall saja. Menerima telepon dari customer, karyawan internal penyewa mall dan karyawan mall.

Ketemu Reza Rahardian
Selama 2 bulan saya mempelajari mengenai Customer service mall dengan customer service leader yang akan saya gantikan. Saya mempelajari isi mall beserta letak semua toko, lift, lobi, tempat parkir, atm dan bank, toilet dan lain-lainnya. Setelah dia resign, saya berganti seragam leader dan resmi naik jabatan menjadi leader. Setelah mempelajari operasional mall, saya juga mulai mempelajari karyawan customer service dan cara untuk bekerja sama dengan mereka.

Tapi apakah pembaca tahu, sebenarnya banyak loh kemampuan yang harus dimiliki seorang customer service. Berikut saya jabarkan sedikit:

1. Senyum. Ada customer datang bertanya, senyum. Ada customer marah-marah, senyum. Sedang sakit atau galau tapi harus kerja, senyum. Karena tugasnya melayani customer, maka tersenyumlah agar mereka merasa nyaman.
2. Sopan dan Ramah. Jangan jadi customer service kalau masih jutek judes dan sejenisnya. Tetap berperilaku dan bertutur kata yang sopan dan ramah. Hal ini sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan, apalagi jika pembaca tidak terbisaa bersikap sopan di kehidupan sehari-hari.
3. Sabar. Apapun yang terjadi, sabarlah. Menjadi seorang customer service hanya akan memberikan pembaca dua pilihan yaitu dimarahi customer atau dimarahi atasan.
4. Komputer. Wajib bisa menggunakan computer. Kenapa? Karena terdapat tugas-tugas yang berhubungan dengan data yang ada di dalam computer. Saat saya disana, beberapa yang belum bisa, tetap diajari oleh karyawan yang sudah lebih lama bekerja dan lumayan jago dalam hal ini.
5. Bahasa Inggris dasar dan Bahasa Indonesia yang baik. Hal ini mutlak wajib. Jangan gunakan bahasa gaul maupun bahasa pertemanan saat bekerja sebagai customer service. Harus yang sopan dan semi formal. Jangan lupa juga tingkatkan kemampuan berbahasa inggris karena pengunjung mall tidak hanya WNI akan tetapi juga WNA.
6. Merias dan Merawat Diri. Untuk perempuan, dibutuhkan kemampuan menjaga ukuran tubuh dan berdandan (rambut dan wajah). Untuk laki-laki, dibutuhkan kemampuan untuk menjaga ukuran tubuh juga dan merapikan rambut serta wajah yang bersih.


Outing kantor
Itulah beberapa kemampuan yang menurut saya diperlukan untuk menjadi customer service. Akan tetapi, ini hanya opini berdasarkan pengalaman saja yah. Beda perusahaan, pasti beda juga daftar kemampuan yang dibutuhkan. Oh iya, satu lagi, minimal lulusan Sekolah Menengah Atas yah hehehe

Pengalaman sukanya banyak, tapi sepertinya pengalaman dukanya lebih menyakitkan hahaha Pengalaman suka atau bahagianya adalah bertemu teman baik yang baru, belajar mengenai cara menangani orang-orang yang marah, bisa membantu orang saat bekerja, mengenal lebih banyak jenis manusia (maksudnya jenis-jenis orang), mempraktekkan bahasa inggris, dan menambah daftar pengalaman bekerja di CV.

Ketemu Rio Dewanto juga, gantengnya
Dukanya adalah banyak sikat sikut sana sini serta kencang perpolitikan jabatan dan lain-lain yang membuat saya tidak nyaman sehingga saya mengundurkan diri. Sebenarnya sedikit, tapi ibarat luka, lebih dalam saja tusukannya hahaha

Semakin baik dan benar serta berprestasi kamu bekerja, semakin banyak yang ingin menjatuhkan karena takut posisinya diambil oleh kita. Desember 2015 saya Senior Concierge. April 2016 saya Leader Customer Service. April 2017 saya Senior Leader Customer Service. Jika sudah muak, pilihannya hanya ada 2, stay or leave. Jika ingin menetap, harus semakin kuat mental. Jika sudah lelah, mengundurkan diri dan mencari pekerjaan baru bisa menjadi pilihan lainnya. Saya memilih untuk pergi, karena mereka menganggap pekerjaan sebagai persaingan, sedangkan tujuan saya murni hanya untuk bekerja mencari pengalaman, mendapatkan penghasilan dan membantu customer saja.

Sebelum saya mengundurkan diri, saya terlebih dulu mencari pekerjaan baru. Saya memilih konsultan hubungan masyarakat yang merupakan tujuan utama saya. Puji Tuhan, saya mendapatkannya walau gaji harus turun karena saya tidak jago negosiasi gaji. Saya ambil pekerjaan ini, saya ambil resikonya, selama saya tidak akan bekerja dengan sekongkolan orang-orang itu.

Tunggu kisah saya sebagai EO di konsultan humas di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah membaca. Semoga Bermanfaat.



Tuhan Yesus Memberkati

-ByMei-

Comments

Popular posts from this blog

Review - Ini dia Sunter Mall yang Baru!!

Sunter Mall renovasi menjadi Sunter Mall yang jauh lebih menarik!  Sunter Mall adalah mall kecil yang terdapat di daerah Sunter - Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sudah beberapa bulan terakhir mall ini melakukan renovasi. Tadaaa, tenantnya pun cukup banyak yang berubah alias baru. Tampilan lobi juga berubah loh, kesannya lebih elegan, mantap deh. Eskalatornya juga lebih tertata rapi.  Tak hanya itu, sekarang  dua (2) lift yag beroperasi terlihat lebih indah dengan desain wallpaper yang bertemakan dedaunan. Jika kita ingin ke musholla, kita akan terlebih dahulu menemukan lift tersebut. Ayo kita mulai dari lantai 1 yah. Untuk tenant besar yang sudah dan akan menetap adalah Starbucks, Foodhall, Burger King, Solaria, Gyukaku, dan  Kopi Kitchen. Saat ini yang sudah beroperasi ialah Starbucks, Foodhall dan Burger King. Jadi buat yang suka kopi bisa, suka burger bisa, suka makanan Jepang gitu bisa, sampai belanja bulanan juga bisa yah. ...

Pilih Yang Mana - Bingung IKUT Ekskul, Club, Komunitas atau NGGAK

Jawabannya adalah IKUT Banyak anak-anak sekolah dan mahasiswa yang suka males ikut ekskul (ekstra kurikuler), klub ataupun komunitas dengan berbagai alasan. Yang lebih pilih main game lah, lebih pilih tidur lah, lebih pilih nonton drama korea aja lah, yang males bolak-balik kampus lah, dan segudang alasan lainnya. Tapi tahu nggak, pas mereka masuk masa interview kerja, ZONK, menyesal lah karena ternyata banyak perusahaan ingin calon karyawan yang punya basic/dasar kemampuan organisasi yang diraih dari ikutan ekskul, klub, dan komunitas baik di sekolah, kampus atau di luar sekolah dan kampus. Makanya, bagi kamu yang baca artikel saya dan masih duduk di bangku sekolah ataupun kuliah, yuk IKUT EKSKUL, KLUB dan KOMUNITAS apapun itu. Kenapa? Apa manfaatnya? Oke langsung bahas tanpa basa basi. 1. Menjadi Lebih Produktif, Bukan Sibuk Daripada menjadi sibuk, lebih baik menjadi produktif. Kenapa Produktif? Dari kata produk, berarti ada sesuatu yang kamu hasilkan dari s...